peluang usaha

Tips Mudah Budidaya Jamur Tiram

peluang usahaKegiatan budidaya merupakan sebuah kegiatan menanam suatu tanaman lalu setelah besar bisa dijual dan mendapatkan keuntungan, bahkan bisa juga merupakan kegiatan berternak hewan, merawatnya hingga besar, dan saat panen bisa dijual dan mendapatkan keuntungan yang besar pula. Kegiatan budidaya banyak sekali ragamnya, dari budaya ikan hingga ke budidaya jamur, yang akan dibahas disini adalah budidaya jamu jenis jamur tiram yang merupakan jenis budidaya jamur yang paling terkenal, populer, dan juga paling menghasilkan keuntungan yang banyak pula. Seperti yang kita tahu bersama bahwa, budidaya jamur sudah banyak yang melakukan dan juga merupakan kegiatan budidaya yang paling populer karena caranya yang mudah dan juga tidak memerlukan tempat yang begitu besar, cukup menyediakan ruangan sebesar kamar tidur Anda sudah bisa memulai untuk budidaya jamur.

Hal pertama yang perlu kita lakukan untuk budidaya jamur tiram adalah menyiapkan atau membeli bibit jamu tiram yang berkualitas tinggi, karena jika bibitnya berkualitas, maka hasil panennya nanti juga akan berkualitas. Setelah menyiapkan bibit jamur, yang perlu disiapkan lagi adalah membuat kumbung. Kumbung merupakan rumah jamur, tempat dimana budidaya bisa dilakukan, habitat buatan jamur tiram yang besarnya memiliki standard sendiri, namun sejauh yang diketahui tempatnya tidak begitu besar. Kumbung harus disesuaikan dengan tingkat kelembabannya dan juga tidak boleh terkena sinar matahari langsung, harus gelap dan lembab. Setelah menyiapkan kumbung, yang perlu kita persiapkan adalah baglog. Baglog merupakan media tanam.

Baglog merupakan media tanam bibit jamur tiram yang dibentuk sedemikian rupa untuk bisa menanamkan bibit jamur tiram dan meletakkannya di kumbung, bahan utama baglog adalah serbuk kayu yang dibentuk plastik lalu biasanya diberi rongga udara dan juga biasanya dibentuk menjadi sebuah silinder. Setelah menyiapkan semuanya, yang perlu kita lakukan adalah menunggu jamur tiram untuk panen yang biasanya membutuhkan waktu dua sampai tiga minggu, setelah panen, jamur tiram akan tumbuh diantara baglog-baglog tersebut, lalu kita bisa memotongnya dengan aturan tertentu. Sekian, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Related posts: