biaya kuliah

Tentang Pembayaran Ukt Uang Kuliah Tunggal

biaya kuliahUkt uang kuliah tunggal merupakan ketentuan dari pemerintah yang dirasa cukup mampu untuk meringankan beban mahasiswa terhadap biaya pendidikan setelah pada tahun 2013 ditetapkan melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no. 55 tahun 2013. Uang kuliah tunggal ditetapkan untuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia terutama perguruan tinggi negeri agar biaya bisa disesuaikan dengan kemampuan orang tua. Jadi sistem ukt ini membayarnya seusai dengan penghasilan orang tua, apabila orang tua masuk dalam kategori penghasilan tinggi, maka biaya kuliahnya pun tinggi sementara itu apa bila orang tua berpenghasilan rendah maka biaya yang dikeluarkan akan lebih murah.

Pengertian Ukt Uang Kuliah Tunggal

Istilah ukt mungkin baru – baru ini mulai santer terdengar, memang ukt bagi mahasiswa angkatan 2011 ke atas masih terdengar asing, sebab angkatan 2011 belum terkena ukt. Ukt uang kuliah tunggal merupakan biaya operasional mahasiswa pada tiap semester pada suatu program studi yang diambilnya yang didasarkan pada biaya langsung (BL) dan biaya tidak langsung (BTL) setelah.

Biaya langsung merupakan biaya yang dilaksanakan untuk kegiatan aktivitas inti, sementara biaya tidak langsung adalah untuk biaya manajerial. Sistem pembayaran ukt merupakan sistem pembayaran yang dilakukan setiap semesternya tanpa membayar total di muka, dengan artian ukt merupakan pembayaran yang dilakukan di tiap semester beserta uang spp, bukan di awal. Dahulu sebelum diberlakukannya ukt memang pembayaran untuk uang masuk langsung di awal semua kemudian untuk selanjutnya hanya dikenakan biaya spp, akan tetapi dengan adanya ukt sekarang ini menjadi uang di awal tidak ada akan tetapi dibayar pada tiap semester bersama dengan pembayaran spp.

Menurut pemerintah dengan diberlakukannya ukt akan membantu bagi mahasiswa yang kurang mampu, sebab pembayaran berdasarkan golongan sesuai dengan gaji orang tua. Apabila orang tua memiliki penghasilan yang tinggi maka akan dikenakan biaya ukt lebih tinggi dibanding mahasiswa yang orang tuanya memiliki penghasilan rendah. Hal ini menjadikan ukt uang kuliah tunggal dinilai adil bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Related posts: