Teknik Pembacaan Mesin Absensi Sidik Jari

Teknik Pembacaan Mesin Absensi Sidik Jari

Teknik Pembacaan Mesin Absensi Sidik JariMesin absensi sidik jari adalah salah satu absensi biometrik yang cukup terkenal dalam dunia perkantoran sebagai mesin untuk absensi yang paling banyak digunakan. Absensi dengan sidik jari ini bekerja dengan menggunakan sidik jari sebagai sarana untuk menunjukkan bukti kehadiran. Sistem dengan sidik jari ini terbilang belum cukup lama dan baru sekitar 5 sampai 6 tahun belakangan ini. Walaupun tergolong masih baru, tapi absensi sidik jari ini telah cukup banyak ditemukan di kantor-kantor maupun perusahaan besar. Cara menggunakannya yang cukup mudah dan tidak rumit juga menjadi faktor pendukung absensi sistem ini lebih diminati oleh banyak perusahaan.

Bagaimana Teknik Pembacaan Pada Mesin Absensi Sidik Jari?

Mesin absensi yang menggunakan sidik jari sebagai sarananya memiliki berbagai tipe pembacaan atau scan yang berbeda-beda. Sidik jari yang sedang discan dalam mesin ini akan disimpan dan dicocokkan dengan data sidik jari yang telah tersimpan sebelumnya. Ada beberapa teknik scan atau pembacaan sidik jari yang digunakan oleh beberapa absensi sidik jari. Teknik yang pertama adalah menggunakan pantulan optik (cahaya) dari permukaan ujung jari yang akan ditangkap oleh alat penerima untuk disimpan. Kemudian teknik yang kedua adalah menggunakan suara ultrasonik untuk menangkap citra sidik jari. Penggunaan ultrasonik ini memiliki kelebihan di mana tangan maupun permukaan scanner yang kotor tidak menjadi masalah. Selanjutnya adalah menggunakan kapasitans yakni menggunakan lempeng kapasitans yang akan membaca sidik jari melalui gundukan dan lembah pada permukaan jari tangan. Kemudian yang terakhir, yakni menggunakan suhu untuk membaca sidik jari. Maka saat menggunakan teknik pembacaan ini, permukaan ujung jari harus digosokkan ke scan area untuk mendapatkan perbedaan suhu.

Pemakaian teknik pembacaan sidik jari yang digunakan tersebut memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Penggunaan teknik pembacaan ini juga tentunya disesuaikan dengan jenis tempat penempatan di mana absensi ini nantinya dipakai. Misal seperti teknik pembacaan ultrasonik yang cocok bila ditempatkan pada mesin absensi yang digunakan oleh pekerja proyek bangunan. Begitu juga dengan teknik pembacaan yang lainnya.

Related posts: