penyebab mimisan

Penyebab Mimisan pada Anak dan Cara untuk Mangatasinya

penyebab mimisanPenyebab mimisan pada anak – Kejadian dimana lubang hidung mengeluarkan darah secara tiba-tiba dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Kejadian pengeluaran darah pada lubang hidung lebih dikenal dengan nama mimisan. Menurut beberapa ahli, mimisan dapat berhenti tanpa dilakukan penanganan khusus. Namun jika mimisan tersebut menimbulkan dampak yang tidak diinginkan, penanganan yang tepat merupakan langkah yang baik untuk menghentikan pendarahan pada hidung tersebut. Mimisan dapat digolongkan ke dalam kategori bahaya jika disertai dengan penyakit demam berdarah. Bagi anak-anak yang menderita mimisan biasanya merupakan mimisan yang digolongkan menjadi kategori ringan.

Sekilas Tentang Penyebab Mimisan Pada Anak

Bagi orang tua yang melihat anaknya mengeluarkan darah pada hidung pastinya akan merasa khawatir akan kejadian tersebut. Orang tua umumnya langsung merasa cemas akan mimisan yang diderita anaknya. Untuk melakukan penanganan lebih lanjut, para orang tua seharusnya mengetahui penyebab mimisan pada anak yang disebutkan di bawah ini:

  • Gangguan pembekuan darah menjadi salah satu penyebab mimisan. Gangguan ini terjadi akibat trombosit yang tidak melakukan tugasnya dengan baik. Trombosit tidak mampu membekukan darah sehingga darah akan terus mengalir dan terjadilah mimisan.
  • Faktor organik merupakan penyebab mimisan selanjutnya. Faktor organik dirasakan sejak kecil akibat kondisi pembuluh darah pada bagian hidung yang tipis. Jika anak terlalu aktif, pembuluh darah ini dapat dengan mudah terjadi pendarahan yang menyebabkan mimisan.

Dari penyebab mimisan pada anak di atas, orang tua dapat memulai mengatasi mimisan jika kejadian tersebut terjadi. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan jika mimisan pada anak melanda:

  • Posisikan tubuh anak untuk duduk dengan posisi kepala yang maju ke arah depan. Jangan biarkan anak berada dalam posisi tidur dengan posisi kepala yang menengadah.
  • Pencet hidung untuk beberapa menit dan ajak anak untuk bernapas melalui mulut.
  • Siapkan es batu yang dimasukkan ke dalam kain dan tempelkan pada hidung yang mengalami pendarahan.
  • Gunakan pula daun sirih dan sumbatkan daun sirih tersebut ke dalam lubang hidung guna menyumbat pengeluaran darah.
  • Gunakan campuran air garam untuk kemudian ditempelkan pada area hidung.

Related posts: