cara budidaya jamur tiram

Panen Pada Cara Budidaya Jamur Tiram

cara budidaya jamur tiramJamur tiram memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mencegah berbagai kanker, mencegah penyakit jantung, lever bahkan dapat menurunkan berat badan. Karena berbagai kandungan gizi yang terdapat pada jamur yang dapat membentuk sistem imun alami pada tubuh sehingga jamur tiram begitu bermanfaat bagi tubuh. Dengan demikian cara budidaya jamur tiram sangat diminati oleh masyarakat selain itu harganya juga terjangkau. Sehingga membuat petani jamur terus bermunculan seperti jamur.

Cara Budidaya Jamur Tiram Pada Masa Panen

Jika permukaan baglog tertutup dengan sempurna oleh miselium, lalu tutup baglognya sudah dibuka maka dalam 1 hingga 2 minggu jamur sudah mulai tumbuh dan sudah mulai dapat dipanen. Dalam 1 baglog dapat 5-8 kali panen jika perawatannya baik. Dengan baglog yang memiliki berat 1 kg maka akan menghasilkan jamur sekitar 7-8 ons. Setelah beberapa kali panen maka baglog dibuang dan dijadikan kompos. Pada masa panen jamur tiram dilakukan ketika jamur telah mekar dan membesar. Tepatnya jika ujung-ujung jamur sudah terlihat meruncing namun belum sampai pecah dan masih berwarna putih bersih. Cara budidaya jamur tiram pada masa ini jangan sampai terlewatkan karena jika terlambat walau hanya berselang 8-12 jam maka tudung jamur akan berubah warna menjadi kuning kecokelatan dan ujungnya akan pecah. Jika sudah seperti ini maka jamur akan tidak tahan lama dan cepat layu. Dan jarak panen pertama ke panen berikutnya sekitar 2-3 minggu.

Setelah jamur tiram dipanen ketika pengemasannya juga harus diperhatikan. Jangan sembarangan karena akan membuat jamur menjadi rusak dan tentunya konsumen tidak akan tertarik untuk membelinya. Ada baiknya jika setelah masa panen jamur cara budidaya jamur tiram mengemaskan jamur dengan plastik yang kedap udara maka jamur tiram akan bertahan hingga 4 hari ke depan. Oleh sebab itu Selain itu dalam proses pengangkutan juga haruslah berhati-hati dan waktu perjalanannya jangan sampai melebihi waktu setelah pengemasan yaitu harus kurang dari 4 hari. Jika jarak kirimnya jauh sebaiknya kendaraannya dilengkapi dengan pendingin.

Related posts: