lagu indonesia raya

Menguak Kehebatan Lagu Indonesia Raya yang Mengagumkan

lagu indonesia rayaLagu Indonesia Raya yang digubah oleh Wage Rudolf Soepratman memang lagu yang memiliki lirik yang memberikan semangat nasionalisme. Hal itu sudah dibuktikan bahkan sejak tujuh belas tahun sebelum Indonesia merdeka. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober tahun 1928, sang penggubah lagu telah menyanyikan lagu ini untuk pertama kali pada kongres pemuda II dengan menggunakan sebuah biola tua. Beliau membangkitkan inspirasi para pemuda pada saat itu untuk berjuang meraih kemerdekaan. Memang bukan lagu ini yang menjadi penyebab utama semangat kemerdekaan, namun perannya cukup besar saat itu. Lalu, bagaimana bisa Lagu kebangsaan Indonesia Raya bisa disebut hebat?

Kehebatan Lagu Indonesia Raya

Memang lagu ini hebat karena bukan hanya menjadi inspirasi untuk berjuang meraih Indonesia merdeka, namun juga menjadi inspirasi dalam membuat syair dan lagu pada saat itu. Dalam sejarahnya, lagu kebangsaan berjudul Indonesia Raya ini menyerupai pantun berangkai seperti ciptaan Empu Walmiki saat membuat kisah Ramayana. Sehingga akhirnya menginspirasi para pujangga untuk menulis karya-karya yang besar. Lagu Indonesia Raya ini juga mudah untuk dihafalkan dan enak untuk didengar. Anak-anak SD pun pasti dengan mudah hafal dengan lagu kebangsaan Indonesia ini seperti ketika mereka menghafal lagu Pelangi-pelangi atau Balonku. Lagu ini pun tak akan berhenti tetap membuat rakyat Indonesia menitikkan air mata haru mengenang perjuangan para pemuda dan pahlawan untuk meraih kemerdekaan.

Lagu ini memang hebat hingga membuat khawatir bangsa Belanda pada saat itu, sehingga dilarang dinyanyikan pada tahun 30an. Namun, lagu-lagu ini masih banyak dinyanyikan di berbagai pertemuan pemuda pada saat itu demi mengobarkan semangat para pemuda yang berjuang dan membangkitkan rakyat Indonesia untuk ikut berdiri dan melawan. Betapa kuatnya bangsa Indonesia pada saat itu. Memang lagu Indonesia Raya sudah tidak sekuat dan sehebat jaman dulu, tapi coba lah cintai Indonesiamu yang telah lama merdeka dan akan terus maju untuk menjadi jaya seperti dulu. Jangan mau diremehkan oleh mereka yang menganiaya para pahlawan devisa.

Related posts: