kesehatan

Manfaat Jahe Sebagai Obat Flu Tradisional

kesehatanFlu atau di Indonesia lebih dikenal dengan pilek merupakan penyakit yang sering dialami oleh masyarakat. Penyakit ini disebabkan karena virus yang menginfeksi alat pernapasan manusia yaitu hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu bukanlah penyakit yang terlalu berat sehingga masih dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat. Dalam dunia kedokteran, penyakit ini disebut dengan influenza. Penyakit influenza merupakan jenis penyakit yang sangat mudah menular kepada orang lain yang berada disekitar penderita flu melalui udara, bersin, ataupun karena berbagi makanan dan minuman. Influenza dapat dikenali dari beberapa gejalanya, seperti bersin-bersin, saluran pernapasan tersumbat, tenggorokan sakit dan gatal, batuk berdahak, demam, dan kadang merasa sakit kepala ringan. Oleh karena itu, saat flu kita harus segera mengatasi penyakit ini agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Obat Tradisional Dari Jahe Untuk Menyembuhkan Batuk Dan Pilek

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan batuk pilek adalah dengan mengonsumsi obat herbal yang berasal dari rempah-rempah alami seperti jahe. Jahe yang biasa kita temui di dapur sebagai bumbu masak untuk menyedapkan makanan, ternyata memiliki manfaat lain berupa mampu menyembuhkan penyakit flu dan batuk. Jahe mengandung senyawa anti virus sehingga dapat membantu tubuh mengeluarkan virus-virus influenza yang menyerang tubuh kita. Berdasarkan penelitian, jahe mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk menyembuhkan penyakit batuk, yaitu minyak atsiri, gingerol, terpenoid zingiberol, dan shogaol. Cara mengonsumsi ramuan herbal dari jahe cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa ruas jahe kemudian dikupas dan dicuci dengan air bersih. Selanjutnya, jahe ditumbuk dan dimasukkan ke dalam gelas dan tambahkan air hangat secukupnya. Agar rasanya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan madu asli secukupnya. Terakhir, aduk hingga merata dan ramuan herbal dari jahe siap diminum.

Obat flu tradisional dari jahe dan madu tersebut bisa Anda konsumsi sebanyak 2 kali sehari sehingga dapat menghangatkan tubuh Anda. Selain mengonsumsi minuman herbal jahe, Anda juga harus melakukan hal lain yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit influenza. Diantaranya adalah perbanyak konsumsi air putih, istirahat yang cukup, olahraga, dan hindari makanan-makanan yang dapat memperparah flu dan batuk.

Related posts: