Kenali Jenis-jenis Saham Sebelum Berinvestasi

Kenali Jenis-jenis Saham Sebelum Berinvestasi

Kenali Jenis-jenis Saham Sebelum Berinvestasi

Wajib hukumnya untuk mengetahui jenis-jenis saham sebelum berinvestasi. Ya, dengan mengetahui dan mengenal semua jenis saham yang ada, kemungkinan Anda salam mengambil keputusan pun akan berkurang karena Anda dapat memilih saham yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Ingin tahu apa saja jenis saham yang ada di bursa? Mari simak informasinya berikut ini.

Yang Perlu di Perhatikan Dalam Dunia Saham

Sebenarnya jenis saham bisa dibedakan berdasarkan tiga cara yaitu berdasarkan kapitalisasi pasar dan likuiditas, berdasarkan likuiditas saham dan terakhir berdasarkan kepemilikannya. Mari kita mulai dari yang pertama yaitu saham berdasarkan kapitalisasi pasar dan likuiditas. Berdasarkan kapitalisasinya, saham dibedakan menjadi saham unggulan, saham lapis kedua dan saham lapis ketiga. Saham unggulan atau papan atas adalah saham yang kapitalisasi pasarnya di atas Rp 40 triliun. Sedangkan saham lapis kedua adalah yang kapitalisasi pasarnya antara Rp 1 triliun sampai Rp 40 triliun dan saham lapis ketiga adalah saham dengan kapitalisasi pasar di bawah Rp 1 triliun.

Yang kedua, saham berdasarkan likuiditasnya. Jenis-jenis saham berdasarkan likuiditas sahamnya dibagi menjadi tiga kategori yaitu saham berlikuiditas tinggi, saham musiman dan saham tidur. Saham berlikuiditas tinggi umumnya adalah saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Saham jenis ini akan mempermudah para investor untuk memperjualbelikan saham tersebut. Sedangkan saham musiman yaitu saham yang bergerak aktif saat terjadi peristiwa-peristiwa tertentu yang dapat mempengaruhi kondisi bisnisnya. Ada juga saham tidur yaitu saham yang memiliki tingkat likuiditas rendah.

Yang ketiga, saham berdasarkan kepemilikannya. Jika dilihat dari segi kepemilikannya, saham terbagi menjadi dua jenis yaitu saham biasa dan saham preferen. Saham biasa inilah yang paling besar beredar di bursa. Pemilik saham umum atau biasa ini akan menerima dividen saat perusahaan memperoleh laba. Sedangkan saham preferen adalah jenis saham yang memberikan dividen kepada pemegangnya secara pasti. Saat perusahaan bangkrut atau dilikuidasi, para pemegang saham preferen lah yang akan menerima hak atas sisa aset perusahaan terlebih dahulu sebelum pemegang saham biasa. Demikianlah sedikit informasi tentang jenis-jenis saham.

Related posts: