berat badan

Informasi Seputar Diet

berat badan
Woman weighing herself on scales in health club

Pada saat kita merasa bahwa kita kelebihan berat badan tentu saja akan membuat panik dan berusaha untuk menurunkannya. Berbagai usaha akan dilakukan demi mencapai tubuh yang ideal. Banyak macam dan metode dalam menurunkan berat badan. Ada yang ingin melakukannya dengan cara yang alami atau herbal, minum obat dan sebagainya. Diet yang merupakan mengatur jumlah asupan makanan yang dikonsumsi baik itu bertujuan untuk menurunkan berat badan atau untuk kesehatan serta untuk tujuan olahraga.

Beberapa Metode Diet

Banyak yang beranggapan bahwa jika ingin mengurangi berat badan adalah dengan mengurangi asupan makanan tanpa memperhatikan nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya bukan mendapatkan tubuh yang ideal malah menjadi sakit. Program menurunkan berat badan yang sehat tentunya yang didahulukan dengan konsultasi dengan dokter. Berikut beberapa metode diet yang ada. Yang pertama adalah dukan, program ini menekankan pada pola makan yang tinggi akan protein dan rendah gula serta karbohidrat. Yang kedua adalah atkins yang menghilangkan asupan bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi akan tetapi kita di izinkan untuk mengonsumsi makanan yang berlemak dan mengandung protein.

Kemudian ada juga metode golongan darah. Metode ini membedakan jenis asupan sesuai golongan darahnya. Seperti golongan darah A dianjurkan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan menghindari daging. Golongan darah B dapat mengonsumsi semua jenis makanan, golongan darah AB mengombinasikan antara golongan darah A dan golongan darah B. sedangkan untuk golongan darah O dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein tetapi rendah karbohidrat. Kemudian metode 5:2 maksudnya adalah kita dapat makan apa saja selama 5 hari kemudian melakukan puasa selama 2 hari. Diet ini dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti Alzheimer dan dimensia. Ada pula yang menggunakan metode paleo yang menganjurkan untuk mengonsumsi makanan alami seperti daging tanpa lemak, telur, buah-buahan, sayuran, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak nabati. Akan tetapi melarang mengonsumsi gula, garam, susu, umbi-umbian, makanan dan minuman olahan lainnya.

Related posts: