tips kesehatan

Berpuasa Yang Sehat Bagi Ibu Hamil

tips kesehatanIbadah puasa bagi ibu hamil boleh-boleh saja dilakukan asalkan tidak ada masalah pada kesehatan dan faktor-faktor lain. Apabila puasa dilakukan pada saat ibu hamil trimester pertama, pastikan bahwa mual, muntah, pusing, dan lemah tidak dialami. Dan apabila telah memasuki trimester kedua, idealnya ibu hamil harus naik bobotnya sebanyak 0,5 kg per minggu. Selain itu janin pun harus menyempurnakan pertumbuhan organnya sehingga ibu hamil harus tetap memperhatikan dan memastikan asupan makanannya baik itu jumlah dan kelengkapannya. Untuk diketahui bersama bahwa asupan nutrisi ibu hamil per harinya membutuhkan 2.500 kkal, yang terbagi atas 50% karbohidrat, 30% protein, dan 20% lemak.

Karbohidrat yang dibutuhkan ibu hamil terdapat pada nasi, jagung, dan umbi-umbian. Sedangkan protein bisa didapat dari ikan, daging, telur, tempe, dan tahu. Sedangkan lemak banyak didapat dari kacang-kacangan. Jangan lupakan pula vitamin, kalsium, folat, dan zat besi. Konsumsi sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan folat ibu hamil. Serta rutin minum susu untuk menunjang kebutuhan akan kalsium. Sedangkan untuk tambahan vitamin bisa didapat dari obat konvensional atas resep konsultasi dokter kandungan. Disarankan jangan terlalu banyak makan atau minuman yang manis-manis. Cukupkan minum air putih. Jadi apabila tetap ingin berpuasa setidaknya ibu hamil harus memperhatikan hal-hal ini agar kesehatan ibu dan janin tidak terganggu.

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban yang harus dijalani oleh seluruh umat muslim di dunia. Namun agama ini telah memberikan keringanan bagi orang-orang tertentu yang tidak bisa menjalankannya secara penuh. Yaitu kondisi dimana umat muslim mengalami sakit yang tidak memungkinkannya untuk berpuasa. Atau orang-orang tua lanjut usia, wanita yang sedang menstruasi, bahkan termasuk ibu-ibu hamil yang dalam kondisi tidak memungkinkan menjalankannya demi kesehatan. Untuk itulah bagi ibu-ibu hamil yang berpuasa di bulan Ramadhan dianjurkan tetap menjaga kesehatan dengan memperhatikan asupan makanan dan kebugaran tubuh. Apabila dirasa mengalami gejala yang tidak enak di badan ketika berpuasa, segera berbuka untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Related posts: