tips kesehatan

Berbagai Tips Kesehatan Untuk Ibu Hamil

tips kesehatanBagi Anda yang sedang hamil ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatannya agar Anda dan janin dalam keadaan sehat pula. Namun memang sering kali dalam masa awal kehamilan sang ibu akan mengalami hal yang tidak mengenakkan. Seperti mual di waktu pagi atau morning sick dan juga hidung menjadi terlalu sensitive akan bau-bauan. Bahkan terkadang ada yang ngidam hal-hal aneh yang terkadang di luar nalar. Bagi wanita hamil haruslah untuk menjaga kesehatannya dengan memberi asupan yang menyehatkan untuk sang janin. Terutama pada 3 bulan pertama yang sebagai bulan pembentukan otak janin, hal ini terjadi jika sang ibu kekurangan asam folat yang akan menyebabkan tabung syaraf janin tidak menutup dengan benar. Tabung syaraf yang merupakan jaringan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Dengan kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan pertumbuhan janin menjadi terhambat terutama dalam berbahasa. Dan disarankan bagi wanita hamil untuk tidak mengkonsumsi obat secara sembarangan. Sebaiknya jika Anda sakit sekalipun hanya demam dan flu untuk segera menghubungi dokter sehingga akan diberikan obat yang tepat sehingga tidak mengganggu perkembangan janin. Wanita hamil sebaiknya untuk menghindari stress yang akan berpengaruh pada mental sang janin kelak. Sebab janin sudah dapat merasakan apa yang ibunya rasakan, Jadi jika sang ibu sedih atau stress makan janin juga merasakannya.

Jangan merokok dan minum alcohol karena akan berakibat fatal bagi janin seperti penyempitan pembuluh darah, mengurangi aliran darah dan nutrisi ke dalam plasenta. Sehingga perkembangan janin tidak akan maksimal yang akan mengakibatkan mengganggu perkembangan sel otak. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang berasal dari buah-buahan, sayuran hijau dan juga beras merah. Kemudian kalsium untuk menguatkan tulang janin. Kalsium berasal dari susu, sayuran, dan kacang-kacangan. Kemudian protein yang berasal dari tahu, tempe dan daging juga kacang-kacangan. Zat besi juga sangat penting bagi ibu hamil karena akan membantu pembentukan sel darah merah agar terhindar dari anemia. Vitamin dan kalori juga tidak boleh ketinggalan.

Related posts: