obat kolesterol

Bawang Putih Sebagai Obat Herbal Kolesterol Tinggi

obat kolesterolAda dua jenis obat yang bisa digunakan untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap baik dan stabil. Jenis yang pertama adalah obat kimiawi dan yang kedua adalah obat herbal. Obat-obatan kimiawi dapat diperoleh di apotik dengan resep dokter. Selain dapat membeli, untuk obat-obatan herbal atau tradisional kita dapat memperolehnya dengan membuat sendiri. Ada banyak bahan yang dapat digunakan sebagai obat herbal kolesterol tinggi, salah satunya adalah bawang putih. Tentu saja bukanlah hal sulit untuk mendapatkan bawang putih. Selain ketersediaannya yang melimpah harga bawang putih juga relatif murah. Jadi tak ada salahnya kita memanfaatkan bawang putih sebagai obat herbal kolesterol tinggi.

Membuat Obat Herbal Kolesterol Tinggi dengan Bawang Putih

Bawang putih dengan nama latin Allium sativum termasuk jenis tumbuhan umbi-umbian yang banyak dimanfaatkan oleh ibu-ibu sebagai bumbu dapur. Bawang putih bisa tumbuh di hampir seluruh dataran di bumi, terutama tumbuh baik di daerah tropis. Di Indonesia sendiri bawang putih banyak ditanam oleh petani dengan pemanfaatan terbesar sebagai bumbu masakan. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat digunakan sebagai anti bakteri dan menyembuhkan gangguan pencernaan. Selain itu juga sudah banyak ahli yang melakukan penelitian untuk mencari manfaat lain bawang putih terutama sebagai obat.  Beberapa ahli kesehatan mampu membuktikan manfaat bawang putih sebagai obat herbal kolesterol tinggi.

Senyawa yang terkandung dalam bawang putih menimbulkan rasa getir dan aroma menyengat, sehingga akan tidak enak di lidah jika kita mengkonsumi bawang putih dengan cara memakannya langsung. Bawang putih sebagai obat herbal kolesterol tinggi dapat dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu menjadi bubuk maupun kapsul atau dicampurkan sebagai bumbu dalam masakan. Selain memperhatikan cara pengkonsumsian, kita juga harus mengetahui dosis yang diperlukan agar tidak membahayakan tubuh. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh ahli menyimpulkan bahwa dosis maksimal bawang putih sebagai obat adalah 0.25 g/kg berat tubuh. Jika terlalu banyak maka dampak jangka panjang yang ditimbulkan adalah kerusakan fungsi hati.

Related posts: