tips kesehatan

Bahaya Kosmetik Yang Mengandung Hidroquinon

tips kesehatanSalah satu hal yang tidak dapat lepas dari wanita adalah kosmetik. Kosmetik merupakan hal yang mendasari wanita untuk tampil menarik dan sempurna. Banyak wanita menggunakan kosmetik untuk mempercantik penampilan dirinya. Namun dengan meningkatnya kebutuhan kosmetik, kosmetik yang beredar di pasaran banyak yang mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak jarang menimbulkan efek samping seperti kanker, penuaan dini, kerusakan permanen pada saraf, otak, ginjal, iritasi, bersifat racun, vitiligo (pigmen kulit hilang sehingga terbentuk area putih seperti panu) dan lain sebagainya.

Salah satu bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik adalah hidroquinon. Hidroquinon merupakan zat kimia yang berfungsi untuk menutup atau meratakan warna gelap pada kulit  dan menyamarkan bintik-bintik  hitam pada kulit wajah sehingga kulit wajah menjadi putih berseri serta berperan dalam proses penghambatan melanogenesis (proses pembentukan melanin) sehingga mengurangi warna gelap pada kulit. Hidroquinon berbentuk seperti jarum, berwarna putih, apabila telah terkontaminasi warnanya akan berubah menjadi kecokelatan, larut dalam air dan dapat digunakan sebagai anti oksidan. Hidroquinon sering dijumpai dalam berbagai jenis kosmetik dan sebagainya.  Sebenarnya tidak ada larangan dalam pemakaian hidroquinon asal pemakaiannya sesuai dengan kadar yang telah ditentukan BPOM.  Kadar hidroquinon yang diperbolehkan yaitu sekitar 0,2%-0,3%, apabila melebihi kadar tersebut akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah, rasa terbakar, karsigenik, reaksi alergi, sensitif terhadap cahaya, jika termakan lebih dari 5-15 gram maka akan menyebabkan hemolytic anemia (kerusakan sel darah merah) bahkan dalam jangka panjang akan mengalami keracunan kulit.

Bahaya lain dari hidoquinon adalah pengguna akan mengalami ochronosis, yaitu munculnya bintik-bintik kecil berwarna abu-abu kecokelatan, penebalan kulit dan benjolan berwarna kuning kecokelatan. Selain itu hidroquinon juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi bekas jerat, bekas luka, dan noda yang disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung.  Bagi Anda pengguna kosmetik, diharapkan berhati-hati dan teliti dalam memilih kosmetik yang akan Anda gunakan, perhatikan kandungan dan kadar zat yang terdapat di dalamnya serta masa kadaluwarsa kosmetik tersebut.

Related posts: