arti kata

Arti Kata Toleransi Antar Umat Beragama

arti kataNegara Indonesia dibangun oleh masyarakatnya yang memiliki perbedaan agama. Salah satu hal yang menyebabkan rukunnya antar umat agama di Indonesia adalah karena adanya budaya toleransi yang tinggi diantara masyarakat Indonesia. Toleransi berasal dari bahasa latin yaitu Tolerare. Arti kata tersebut adalah sabar membiarkan sesuatu. Jadi, secara luas toleransi berarti sikap manusia yang mampu menghormati dan menghargai keberadaan orang lain di sekitarnya. Toleransi juga diartikan sebagai sikap yang melarang terjadinya perbuatan diskriminasi terhadap orang tahu kelompok minoritas tertentu yang berada di tengah masyarakat. Jadi, dengan adanya sikap toleransi maka setiap individu atau kelompok akan saling menghargai satu sama lain tanpa melakukan perbuatan tercela berupa diskriminasi.

Apa Arti Kata Toleransi Antar Umat Beragama?

Arti kata toleransi beragama dapat dikatakan sebagai sikap saling menghormati dan menghargai agama orang lain serta tidak memaksa orang lain untuk mengikuti kepercayaan yang kita anut. Dapat diistilahkan pula dengan “agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu”. Jadi, kita tidak boleh menjelek-jelekkan, mencela, apalagi menghina agama yang dianut oleh orang lain dengan alasan apapun. Hal ini juga tercantum dalam sila pertama Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila pertama tersebut menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi nilai ketuhanan dengan masyarakatnya yang berbeda agama. Pada sila pertama juga menjelaskan bahwa bertakwa kepada Tuhan atau kepercayaan masing-masing merupakan hal yang mutlak atau wajib dilakukan oleh setiap umat manusia.

Arti kata toleransi merupakan suatu sikap yang ditunjukkan oleh masyarakat baik kelompok mayoritas maupun kelompok minoritas untuk saling menghargai dan menghormati kepentingan satu sama lain tanpa menyebabkan adanya diskriminasi terhadap salah satu pihak. Tanpa adanya jiwa toleransi di tengah masyarakat, maka kehidupan bertetangga menjadi terganggu dan tidak seimbang. Akan muncul pertengkaran dan perpecahan antara kelompok satu dengan kelompok yang lain. Oleh karena itu, kita harus memelihara jiwa toleransi yang selama ini telah mendarah daging di semua masyarakat Indonesia. Dengan menjaga sikap toleransi, maka negara Indonesia akan selalu aman dan tenteram.

Related posts: